PROGRAM STUDI NERS




Visi

Menjadi Program Studi Ners yang unggul dalam penerapan komunikasi teraupetik dan beretika di komunitas urban tahun 2021.

Misi

Menyelengarakan pendidikan ners dengan standar Nasional dan unggul dalam komunikasi teraupetik di komunitas urban dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK)

Mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan komunitas urban untuk menghasilkan kualitas pelayanan asuhan keperawatan

Memberikan pelayanan keparawatan secara optimal dikomunitas melalui pengabdian masyarakat

Mewujudkan sistem tatakelola pendidikan Ners yang sehat, humanior, demokratis, akuntabel dengan membudayakan komunikasi teraupetik.

 

Tujuan Program Studi Ners

  1. Menghasilan ners yang mempunyai kemampuan komunikasi secara teraupetik, beretika dalam melakukan pelayanan keperawatan.

  2. Menguasai, mengebangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang dilandaskan oleh nilai etik yang relevan sesuia dengan pelayanan asuhan keperawatan.

  3. Menyediakan Sumber Daya Manusia yang kompeten baik kualitas maupun kuantitas sesuai bidang ilmunya.

  4. Mengembangkan sarana dan prasarana untuk mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif.

  5. Melaksanakan pengembangan dan pelaksanaan pengabdian masyarakat dibidang keperawatan.

  6. Melaksanakan penelitian secara berkesinambungan untuk pengembangan ilmu dibidang keperawatan.


Capaian Lulusan

1. Care Provider  (pemberia asuhan keperawatan)

Perawat sebagai individu maupun tim memberikan       pelayanan   k eperawatan/kesehatan kepada klien (individu, keluarga, dan       komunitas)         berdasarkan keilmuan yang dimiliki dengan senantiasa           mempertimbangkan  aspek legal dan etis.
2. Communicator  (Interaksi dan transaksi dengan klien, keluarga dan tim            kesehatan)

 Perawat sebagai pemberi pelayanan kesehatan mampu menampilkan      kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif-terapeutik terhadap      klien (individu, keluarga, dan komunitas) serta kemampuan membangun            komunikasi dengan rekan sejawat dan tim pelayanan kesehatan lain.

3.  Educator dan Healt Promoter (Pendidikan dan prpmosi kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat)

Perawat sebagai pemberi pelayanan kesehatan maupun menyediakan dan mengimplementasikan program promosi kesehatan bagi klien, keluarga dan komunitas untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat.

4.  Manager dan Leader  (Manajemen praktik/ ruangan pada tatanana rumah sakit maupun masyarakat)

Perawat sebagai bagian dari sistem pelayanan kesehatan harus mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat rumah sakit maupun masyarakat dalam lingkup tanggungjawab.

5.   Researcher  (Peneliti)

Perawat sebagai profesional harus mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya dengan mengembangkan penelitian-penelitian yang mengacu pada visi misi Institusi yang dapat diterapkan saat di dun ia  pendidikan dan dunia kerja.


SISTEM PENDIDIKAN PROGRAM PROFESI NERS STIKes MEDISTRA INDONESIA


Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Medistra Indonesia merupakan program pendidikan keperawatan yang menyelenggarakan pendidikan keprofesian pada salah satu tahapan pendidikannya. Pendidikan Profesi Ners adalah pendidikan yang bersifat Akademik-Profesi yang dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 (dua) tahapan yaitu tahapan pendidikan akademik dan tahapan pendidikan profesi. Program pendidikan ini mengacu pada metaparadigma keperawatan yang disepakati di Indonesia dan mempunyai landasan ilmu pengetahuan dan landasan keprofesian yang kokoh. Pada pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh kemampuan pada proses pemahaman dan penugasan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan. Pada program pendidikan profesi terdapat masa penyesuaian professional dan kontinuitas antara teori dan praktik bagi peserta didik dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar lapangan dengan menggunakan tatanan pelayanan kesehatan nyata, khususnya pelayanan keperawatan.

Lulusannya adalah perawat professional (Ners, disingkat Ns.) yang mampu memberikan pelayanan keperawatan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan, serta menggunakan metodologi keperawatan berlandaskan etika keperawatan. Kegiatan di lahan praktik memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mampu menerapkan asuhan keperawatan yang dipelajari pada tahap pendidikan sebelumnya dengan sikap dan keterampilan professional. Profesionalitas praktik keperawatan ditumbuhkan dan dibina melalui pemberian pengalaman dalam pengambilan keputusan klinik, yang merupakan penerapan secara terintegrasi kemampuan penalaran ilmiah dan penalaran etik.

Sesuai dengan falsafah keperawatan bahwa manusia dan kemanusiaan merupakan titik sentral setiap upaya pembangunan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Unsur yang paling utama dalam Unsur yang paling utama dalam pendidikan keperawatan adalah bagaimana proses pembelajaran dikelola di lahan praktik. Bertolak dari pandangan ini, perlu disiapkan panduan pembelajaran klinik dan preceptor sehingga asuhan keperawatan yang menitikberatkan pada kualitas melalui terciptanya suatu lingkungan belajar yang sarat dengan model peran (role model) dapat diwujudkan.


Program Profesi ( Ners)

Program Reguler
Senin s/d Jum'at, Pukul 08.00 - 16.00 WIB


     

AKREDITASI                                             



Terakreditasi dengan  peringkat Baik (B), berdasarkan keputusan LAM-PTKes No.SK: 0790/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2017


PENGUMUMAN

 

DOWNLOAD

 
Sertifikat Akreditasi Ners 
 



• E- Book Critical Care (ABC of Resuscitation)
• E-Book Critical Care (ABC of Intensive Care)
• E-Book Critical Care (ABC of Burns)
• E Book Nursing knowlaged development and clinikal practice
• E-Book Contemporary Nursing Knowledge
• CLINICAL NURSING ISSUES Reflection_ the way to professional development