11 22 33


PROGRAM STUDI NERS



Visi
Menjadi institusi pendidikan Ners bertaraf nasional dan menghasilkan lulusan yang professional yang unggul dalam keperawatan gawat darurat dan komunitas di tahun 2018


Misi
1. Menyiapkan perawat yang memiliki kemampuan klinis, sebagai pemimpin, peneliti dan agen pembaharu. 2. Mengembangkan sistem pendidikan yang terintegrasi dengan kurikulum unggulan sesuai dengan standar nasional yang berfokus pada keperawatan gawat darurat dan keperawatan komunitas. 3. Menyiapkan lingkungan belajar dan fasilitas belajar yang mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 4. Mengembangkan penelitian yang berfokus pada bidang keperawatan gawat darurat dan keperawatan komunitas. 5. Menyelengarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dibidang keperawatan gawat darurat dan komunitas. 6. Mengembangkan kerjasama dan kemitraan dengan pihak terkait untuk menyediakan pelayanan keperawatan dan menciptakan inovasi baru dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.


SISTEM PENDIDIKAN PROGRAM PROFESI NERS STIKes MEDISTRA INDONESIA


Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Medistra Indonesia merupakan program pendidikan keperawatan yang menyelenggarakan pendidikan keprofesian pada salah satu tahapan pendidikannya. Pendidikan Profesi Ners adalah pendidikan yang bersifat Akademik-Profesi yang dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 (dua) tahapan yaitu tahapan pendidikan akademik dan tahapan pendidikan profesi. Program pendidikan ini mengacu pada metaparadigma keperawatan yang disepakati di Indonesia dan mempunyai landasan ilmu pengetahuan dan landasan keprofesian yang kokoh. Pada pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh kemampuan pada proses pemahaman dan penugasan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan. Pada program pendidikan profesi terdapat masa penyesuaian professional dan kontinuitas antara teori dan praktik bagi peserta didik dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar lapangan dengan menggunakan tatanan pelayanan kesehatan nyata, khususnya pelayanan keperawatan.

Lulusannya adalah perawat professional (Ners, disingkat Ns.) yang mampu memberikan pelayanan keperawatan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan, serta menggunakan metodologi keperawatan berlandaskan etika keperawatan. Kegiatan di lahan praktik memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mampu menerapkan asuhan keperawatan yang dipelajari pada tahap pendidikan sebelumnya dengan sikap dan keterampilan professional. Profesionalitas praktik keperawatan ditumbuhkan dan dibina melalui pemberian pengalaman dalam pengambilan keputusan klinik, yang merupakan penerapan secara terintegrasi kemampuan penalaran ilmiah dan penalaran etik.

Sesuai dengan falsafah keperawatan bahwa manusia dan kemanusiaan merupakan titik sentral setiap upaya pembangunan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Unsur yang paling utama dalam Unsur yang paling utama dalam pendidikan keperawatan adalah bagaimana proses pembelajaran dikelola di lahan praktik. Bertolak dari pandangan ini, perlu disiapkan panduan pembelajaran klinik dan preceptor sehingga asuhan keperawatan yang menitikberatkan pada kualitas melalui terciptanya suatu lingkungan belajar yang sarat dengan model peran (role model) dapat diwujudkan.