Workshop Penyusunan RPS dan buku Kurikulum Perguruan Tinggi STIKes Medistra Indonesia

 

Odoo image and text block

























                         BEKASI- Kurikulum merupakan salah satu instrumental input penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan harus dikembangkan, diimplementasikan dan dievaluasi keberhasilannya dalam mencapai learning outcome. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Mengacu kepada Permendikbud No.3 tahun 2020,  menghimbau kepada semua perguruan tinggi dan setiap jenis pendidikan tinggi baik akademik, vokasi dan profesi, agar segera melakukan rekonstruksi kurikulum dan meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan SN-DIKTI yang berorientasi pada kesetaraan mutu atau capaian pembelajaran.

Untuk adanya kesamaan pemahaman dalam mengembangkan RPS dan Penyusunan KPT maka Unit Pengembangan Akademik (UPA) STIKes Medistra Indonesia menyelenggarakan workshop penyusunan RPS dan buku Kurikulum Perguruan Tinggi pada tanggal 30 November hingga 1 Desember 2021 dan 6-7 Desember 2021 secara daring, dengan narasumber Wakil Ketua I bidang Akademik, Dr.Lenny Irmawaty Sirait,.SST.,M.Kes.

Workshop ini dibuka oleh Ketua STIKes Medistra Indonesia, Linda K.Telaumbanua,SST.,M.Keb. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan sambutannya, “Salah satu indikator ketercapaian kompetensi lulusan yaitu melalui pelaksanaan Kurikulum yang sesuai standar. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebagai implementasi kurikulum maka diperlukan dokumen perencanaan pembelajaran salah satunya adalah RPS. Kualitas pembelajaran salah satunya ditentukan juga oleh mutu dokumen RPS yang dirancang sebelum pembelajaran dimulai. Dalam rangka mencapai RPS yang bermutu maka Bidang Akademik STIKes MI menyelenggarakan workshop RPS dan KPT untuk mendapatkan pemahaman yang seragam diantara dosen-dosen dalam menyusun RPS dan RPS yang dibuat sesuai dengan rambu-rambu yang ada.” Ujarnya.  

Lebih lanjut beliau menyampaikan apresiasi kepada Ibu WK 1 bidang Akademik dan Koordinator UPA yang memimpin penyelenggaraan workhop ini, juga kepada dosen-dosen yang hadir sebagai peserta, semoga ilmu yang diperoleh melalui worskhop ini dapat bermanfaat untuk peningkatan kualitas RPS mata kuliah di program studi masing-masing, ujarnya.

Dilaporkan oleh ketua pelaksana Workshop sekaligus Koordinator Unit Pengembangan Akademik (UPA), Lisna Agustina.,S.Kep.,Ns.,M.Kep bahwa kegiatan ini diikuti oleh 32 orang yang terdiri dari Kepala Program Studi Kebidanan (S1), Kepala Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) dan Kepala Program Studi Farmasi, dosen tetap, serta dosen tidak tetap. Dalam laporannya beliau turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta workshop dan narasumber, “Terimakasih untuk para peserta workshop penyusunan RPS dan KPT yang sangat luar biasa semangatnya dalam mengikuti kegiatan ini, terimakasih kepada ibu Dr.Lenny selaku narasumber yg banyak memberikan tambahan pengetahuan kepada seluruh dosen, dan ibu pimpinan  yang banyak  mendukung terlaksananya kegiatan ini. Mudah-mudahan output dari kegiatan ini dihasilkan nya RPS dan KPT yang berkualitas, profesional sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dan mengacu pada Permendikbud RI No. 3 tahun 2020 tentang SN Dikti.” pungkasnya.

Selama workshop berlangsung, dosen-dosen dihimbau untuk mempersiapkan RPS nya masing-masing sesuai dengan mata ajar yang diampu, serta seluruh kepala prodi mempersiapkan buku KPT yang sudah disusun pada saat workshop kurikulum yang telah dilaksanakan masing-masing Program Studi.

Semoga hasil dari workshop ini dapat di implementasikan, terutama substansi yang sesuai profesi serta pemilihan pengalaman belajar yang tepat untuk mendukung profil lulusan serta pencapaian kompetensi dan capaian pembelajaran.