TINGKATKAN MUTU, STIKES MEDISTRA GELAR WORKSHOP PEMBIMBINGAN AKADEMIK (PA)

BEKASI- Unit Pengembangan Akademik STIKes Medistra Indonesia menggelar kegiatan Workshop Pembimbingan Akademik pada tanggal 15 Februari 2022 secara daring. Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada pembimbing akademik mengenai peran DPA agar mampu melakukan pembimbingan akademik dengan tetap sesuai perannya.  Kegiatan ini dibuka oleh PLH Ketua STIKes Medistra Indonesia, Dr. Lenny Irmawaty Sirait, SST., M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “REAL Of Humanistik (Religius; Empathy; Attitude; Loyalty) merupakan nilai STIKes Medistra Indonesia dimana salah satu pencapaiannya adalah melalui pembimbingan dosen pembimbing akademik kepada mahasiswa STIKes MI.”

Odoo image and text block
Odoo image and text block

Lebih lanjut beliau menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas Dosen Pembimbing Akademik dalam memberikan layanan pembimbingan akademik kepada mahasiswa dan meningkatkan kualitas mahasiswa yang bernilai REAL of Humanistik serta peningkatan prestasi akademik.

Melalui kegiatan workshop ini diharapkan tercapai penguatan peran dosen pembimbing akademik (DPA) melaksanakan tugasnya melaksanakan pembimbingan serta menjadi suatu sistem yang kuat dan dapat menjamin proses pembimbingan secara rutin. Disamping itu, kegiatan ini kiranya dapat menambah inspirasi dosen PA untuk lebih memahami dan memotivasi mahasiswa supaya semangat dan sukses serta mewujudkan kelulusan tepat waktu 96% dan dengan perolehan IPK minimal 3.00.

Workshop Pembimbingan Akademik dibawakan oleh narasumber rekomendasi dari LLDIKTI Wilayah 3 yakni, Ns. Wati Jumaiyah,S.Pd.,S.Kep.,M.Kep.,Sp.KMB dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dalam penjelasannya beliau menegaskan bahwa apabila dalam pelaksanaan pembimbingan oleh DPA tidak dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa, maka DPA sebaiknya merujuk kepada konselor pendidikan. Jika masalah diluar tanggungjawab dan wewenang konselor pendidikan maka sebaiknya dirujuk kepada ahli/ profesi lainnya.

Workshop PA diikuti oleh sedikitnya 35 orang DPA yaitu seluruh Dosen Pembimbing Akademik baik dari Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) dan Profesi Ners, Program Studi Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan dan Program Studi Farmasi (S1).

Perwakilan peserta workshop dari Program Studi Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan, ibu Farida Simanjuntak, SST., M.Kes menyampaikan kesan pesannya, bahwa “Ilmu yang disampaikan pada kegiatan workshop ini menjadi momentum bagi para dosen meng-update metode pembimbingan para dosen pembimbing akademik STIKes MI terhadap seluruh mahasiswa yang ada di lingkungan STIKes MI.”                                                                                          

Odoo - Sample 1 for three columns
Odoo - Sample 2 for three columns
Odoo - Sample 3 for three columns

Tim Media STIKes MI - Februari 2022