PELATIHAN KURIKULUM BAGI DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI KEBIDANAN (S1) DAN PROFESI BIDAN 

Odoo image and text block

Bekasi – Dalam rangka pengembangan kurikulum pendidikan tinggi, khususnya pada Program Studi Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan, telah diselenggarakan pelatihan kurikulum Kebidanan pada tanggal 18-22 Oktober 2021.

Bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, yakni Ibu Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes, Ibu Dwi Izzati Budiono, S.Keb, Bd, M.Sc, dan Ibu Rize Budi Amalia, S.Keb., Bd., M.Kes.

Sedikitnya kegiatan ini diikuti oleh 17 orang peserta yang terdiri dari 14 orang dosen dan 3 orang tenaga kependidikan dengan latar belakang pendidikan D4 Kebidanan. Adapun tujuan dilaksanakannya pelatihan ini diantaranya mampu menyusun kurikulum pendidikan profesi berdasarkan Kurikulum Perguruan Tinggi sebagai acuan minimal penyelenggaraan pendidikan profesi bidan di institusi. Selama kegiatan berlangsung, peserta tidak hanya disuguhkan oleh materi, peserta juga diberikan penugasan guna mengasah pemahaman dalam menyusun bahan ajar.

Pelatihan dibuka oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Dr.Lenny Irmawaty Sirait.,SST.,M.Kes. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan bentuk amanah dari UU No.12 tahun 2012  pasal 35 ayat 2, yang mengamanatkan bahwa kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi dengan mengacu pada SN DIKTI untuk setiap program studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Tak lupa beliau haturkan terimakasih yang tak terhingga kepada tim narasumber yang telah memberikan waktunya  untuk  membimbing dan melatih, untuk memberikan ilmu yang tak terbatas dalam rangka pengembangan kurikulum kebidanan dan profesi bidan.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Yayasan Medistra Indonesia, dan pimpinan. “Terimakasih yang tak terhingga kepada pembina, ketua dan BPH yayasan Medistra Indonesia yang terus memfasilitasi kami, termasuk pelatihan kurikulum ini, keberkahan terus dilimpahkan atas yayasan. Terimakasih kepada ibu ketua STIKES yang mengawal kami dan Ketua program studi kebidanan dan seluruh dosen  yang memiliki komitmen kuat menjadikan kurikulum sebagai yang terutama dalam pendidikan yang harus terus diupgrade dan diperlengkapi demi mencapai visi misi program studi dan institusi. Akhir kata, teruslah berkarya, jalankan amanah pelatihan kurikulum ini, selesaikan tugas2 dengan kerja cerdas dan kerja tim yang solid”.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kepala Program Studi Kebidanan (S1) dan Profesi Bidan, Puri Kresna Wati,SST.,MKM, “Program studi Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan berkomitmen untuk terus memperbaiki kurikulum yang ada demi dapat meningkatkan standar pendidikan kebidanan yang sudah dijalankan saat ini. banyaknya program studi sejenis yang berjalan tidak sesuai aturan dari asosisasi pendidikan kebidanan Indonesia (AIPKIND) mendorong kami untuk terus memperbaiki diri, agar dapat mencapai atau bahkan melampaui standar yang sudah ditetapkan oleh AIPKIND dan SN Dikti. Oleh sebab itu kami bekerjasama dengan AIPKIND untuk melakukan workshop kurikulum bagi semua dosen Kebidanan di STIKes Medistra Indonesia. Pelaksanaan workshop ini dilakukan selama 5 hari secara online, tetapi tidak mengurangi semangat dan komitmen kami untuk membedah kurikulum dan sistem pembelajaran yang sudah kami lakukan selama beberapa semester ini. Pada akhir workshop kami mendapatkan banyak sekali ilmu dan pemahaman untuk memperbaiki apa yang sudah berjalan. Kami seluruhnya berkomitmen untuk memperbaiki kurikulum dan metode pembelajaran pada program studi setelah berakhirnya kegiatan workshop ini. Semoga kedepannya program Studi Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan dapat terus meningkatkan kualitasnya untuk menghasilkan lulusan Profesi Bidan yang professional”, demikian disampaikan. 

Odoo - Sample 1 for three columns
Odoo - Sample 2 for three columns
Odoo - Sample 3 for three columns