_______________________________________________________________________________________
Rabu, 13 Agustus 2014 - 10:45:57 WIB
WORKSHOP SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL
Diposting oleh : Administrator
Dibaca: 9578 kali

Dalam menghadapi persaingan mutu pendidikan perguruan tinggi di Indonesia yang setiap tahun perlu ditingkatkan, baik dari aspek pendidikan dan kualitas lulusan maka pada hari ini Selasa 12 Agustus 2014 , STIKes Medistra Indonesia mengadakan kegiatan yang bertema “Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) STIKes Medistra Indonesia” yang bertempat di Gedung Aula STIKes Medistra Indonesia. Kegiatan ini di panitiai oleh Ibu Astrid Farmawati, MKM selaku Ka.SPMI STIKes Medistra Indonesia. Peserta Kegiatan ini adalah semua jajaran yang ada di STIKes Medistra Indonesia mulai dari Ketua Yayasan beserta BPH ,Ketua STIkes , Dosen, Satpam maupun Tenaga Kebersihan. Untuk menyemangati kegiatan ini Ka. SPMI mengundang  pembicara Bpk. Dr. Ir. Hisar Sirait, MA dan Ibu Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA (Koordinator Kopertis III DKI Jakarta). Para pembicara yang diundang adalah orang- orang yang berkompeten dalam bidang Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi di wilayah Koopertis III DKI Jakarta.
 
 
 DR.Ir.Hisar Sirait, M.A
Ketua STIKes Medistra Indonesia DR.Hardjito, MSi
 
Ketua Yayasan Medistra Indonesia Bpk. Usman Ompusunggu, SE., Ketua STIKes Medistra Indonesia dan Ibu BPH Yayasan Medistra Indonesia Ibu Vermona Marbun, MKM turut hadir dalam kegiatan Workshop.
 
Dalam Kegiatan Workshop ini Bpk. Dr. Ir. Hisar Sirait membawakan materi dengan judul “POSISI SENTRAL SPM-PT DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI”DAN IMPLEMENTASI SPM-PT”, sungguh luar biasa penyampaian materi yang diberikan sehingga memotivasi seluruh jajaran STIKes Medistra Indonesia untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan. Penjaminan mutu merupakan proses pengendalian mutu yang merupakan bagian paradigma baru pengelolan pendidikan tinggi, yang meliputi, otonomi, akuntabilitas, evaluasi diri dan akreditasi. Dengan otonomi yang dimiliki perguruan tinggi maka perguruan tinggi tersebut harus dapat menyelenggarakan pendidikan tinggi secara bertangungjawab yaitu yang selalu menunjukkan adanya peningkatan mutu. Evaluasi perguruan tinggi harus dijadikan sebagai bagian kegiatan terinternalisasi di dalam kehidupan perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi harus secara sukarela membuka diri untuk dinilai oleh pihak luar dengan proses akreditasi.
 
 
Untuk lebih memperdalam Sistem Penjaminan Mutu Perguruanan Tinggi ini , Ibu Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA (Koordinator Kopertis III DKI Jakarta) juga menyampaikan materinya dengan topik “ PENINGKATAN KINERJA PERGURUAN TINGGI”. Semua peserta yang hadir sangat bersemangat dan antusias dalam bertanya. Ibu Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA menyampaikan bahwa di DIKTI itu banyak beasiswa untuk pengembangan dosen, baik beasiswa Dosen maupun calon Dosen karena semua Dosen sudah harus berlatar belakang pendidikan S2 dan memiliki JJA ( Jenjang jabatan Akademik) dan setiap Dosen harus memiliki penelitian minimal satu penelitian setiap tahun. Satu hal lagi bahwa tahun yang akan datang apabila Dosen belum sertifikasi maka tidak akan dinamakan Dosen melainkan Tenaga Pendidik ( TENDIK). Penjaminan mutu adalah proses sistemik yang mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi secara berkelanjutan (continous improvement). Konsep ini sejalan dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 50 ayat (6) dan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Nasional Pendidikan Pasal 91.
 
 
Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dilakukan atas dasar penjaminan mutu internal, penjaminan mutu eksternal dan perijinan penyelenggaraan program. Jaminan mutu internal adalah sistem penjaminan mutu pendidikan yang diberikan dan dilakukan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.
 
 
SPMI STIKes Medistra Indonesia bertujuan untuk menjalankan dan melaksanakan penjaminan mutu di dalam STIKes secara sistemik dan berkelanjutan serta terpenuhinya kepentingan tuntutan para pihak terkait (stakeholder). Pelaksanaan SPMI sejalan dengan visi dan misi STIKes Medistra Indonesia.Memang Bukan hal yang mudah untuk mengimplementasikan hal ini yang dibutuhkan hanya "Komitmen" dari masing-masing individu.Semoga mutu pendidikan STIKes Medistra Indonesia bisa bersaing dalam Perguruan Tinggi di Indonesia.

DOWNLOAD
WEB LINK
STATISTIK  
USER

793337

Pengunjung hari ini : 50
Total pengunjung : 249312
Hits hari ini : 137
Total Hits : 793337
Pengunjung Online : 1
POLLING
    Pilih Jurusan Favorit Anda?

    Ilmu Keperawatan (S1)
    Kebidanan (DIII)
    Ners

    Lihat Hasil Poling