_______________________________________________________________________________________
Rabu, 29 Mei 2013 - 12:58:01 WIB
PENGABDIAN MASYARAKAT “PEMBINAAN DESA SIAGA” DI DESA CIMACAN
Diposting oleh : Administrator
Dibaca: 2495 kali

Program kesehatan masyarakat telah banyak diupayakan dan telah banyak mendapat perhatian baik kalangan pemerintah maupun swasta. Perhatian pihak terkait perlu mendapatkan respon dari berbagai kalangan oleh karena peningkatan kesehatan  banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain : faktor lingkungan, perilaku, pelayanan dan keturunan. Faktor yang satu dengan lainnya saling mempengaruhi status kesehatan masyarakat. Berdasarkan konsep penanganan kesehatan, bahwa terabaikannya permasalahan disebakan oleh ketidakatahuan, ketidakmampuan dan ketidakmauan.
           Peran serta Perguruan Tinggi STIKes Medistra Indonesia dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya Pengabdian Masyarakat, mendekatkan diri kepada masyarakat sehingga dapat mengenal, mengetahui dan merasakan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, sehingga ditemukan permasalahan terkait dengan kesehatan ibu dan anak serta kesehatan reproduksi remaja belum mendapat penanganan. Kesehatan ibu dan anak serta remaja berdasarkan potensi masih dapat diandalkan untuk memberikan inspirasi dan potensi masyarakat sehingga dianggap perlu mendapat penanganan.
 
 

STIKes Medistra Indonesia sebagai Perguruan Tinggi bidang kesehatan dengan Tridarma Perguruan Tinggi mengabdikan keilmuan dan ketrampilan sebagai wujud nyata membantu membangun masyarakat melalui strategi pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat sebagai  suatu bentuk kerja nyata di masyarakat dan keuntungan bagi masyarakat dapat mengadopsi strategi sebagai upaya  meningkatkan derajat kesehatan.

Bentuk pengabdian masyarakat di Desa Cimacan  adalah penggerakan dan  pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) dengan thema “ Pembinaan Desa Siaga 

 .

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah Terciptanya kesadaran keluarga  dan masyarakat terhadap kesehatan ibu dan anak serta remaja sehingga mampu memberdayakan potensi setempat dalam penanganan permasalahan sehingga  mampu menurunkan angka kesakitan dan meningkatnya  status kesehatan serta kesejahteraan masyarakat. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah :

a.     Pembinaan Kader Kesehatan

b.     Pembinaan suami siaga

c.      Kemitraan bidan dan dukun

d.     Pembinaan RT / RW Siaga

Mudah-mudahan kedepannya STIKes Medistra Indonesia dapat terus berkarya dalam membantu masyarakat akan pentingnya kesehatah dalam hidup ini.

 

 



DOWNLOAD
WEB LINK
STATISTIK  
USER

801563

Pengunjung hari ini : 121
Total pengunjung : 253318
Hits hari ini : 282
Total Hits : 801563
Pengunjung Online : 2
POLLING
    Pilih Jurusan Favorit Anda?

    Ilmu Keperawatan (S1)
    Kebidanan (DIII)
    Ners

    Lihat Hasil Poling