_______________________________________________________________________________________
Selasa, 19 Maret 2013 - 16:47:58 WIB
Pelatihan Item Development yang diadakan oleh Kemenkes RI Badan PPSDM Kesehatan
Diposting oleh : Administrator
Dibaca: 3653 kali

 Dalam upaya memlihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan dan menjamin adanya kepastian hukum , maka perlu diambil langkah terpadu untuk diselenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan baik dalam proses pendididkan maupun tenaga kesehatan yang telah menjalankan pekerjaan atau praktiknya, agar keahlian dan kewenangan yang dimilikinya dapat dipelihara dan ditingkatkan secara komprehensif dan sistematis 

Sejalan dengan pertaturan dan perundang-undangan yang berlaku   , tenaga kesehatan dalam menjalankan pekerjaan /praktiknya selain harus memiliki ijazah harus memiliki sertifikat kompetensi untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi ( STR) , dan Surat Ijin Kerja atau Surat Ijin Praktik.

STR memberikan kewenangan bagi tenaga kesehatan untuk menjalankan praktik/pekerjaaannya di seluruh Indonesia, sedangkan Surat Ijin Praktik  atau surat Surat Ijin Kerja memiliki kewenangan untuk melakukan pekerjaan  pada fasilitas pelayanan tertentu atau praktik mandiri.

Untuk mencapai hasil yang optimal maka diadakannlah Pelatihan Item Development Angkatan I, yang diikutu oleh 30 peserta dari institusi pendidikan, baik pemerintah maupun swasta  yaitu dari Poltekes Jakarta I , II dan III, STIKes Medistra Indonesia, Akbid dan ATRO Gema Nusantara, Akbid Sukawangi, Dirkesad , Poltekes Tasik, Cianjur, Bandung .

Pelatihan Item Development ini   diadakan oleh Kemenkes  RI Badan PPSDM Kesehatan Pusdiklat Aparatur, bekerjasama dengan MTKI (Majelis Tenaga kesehatan Indonesia ) dan LPUK ( Lembaga Penyelenggara Uji Kompetensi)  di Balai Besar Pelatihan Kesehatan ( BBPK) Ciloto , dari tanggal 11s.d 16 Maret 2013.

Dari Stikes Medistra Indonesia diikuti oleh 4 orang peserta , dua orang  dari Prodi Keperawatan dan 2  orang  dari Prodi Kebidanan. Dari Prodi Keperawatan diikuti oleh  Ns. Ernauli Meliyana , M.Kep dan Ns. Nurti Gea, S.Kep, sedangkan dari Prodi Kebidanan diikuti oleh : Tetty Rina Aritonang, SST. M.Keb dan Friska Junita , SST.

Didalam Pelatihan ini diajarkan bagaimana membuat soal-soal Uji Kompotensi berdasarkan Blue Print yang sudah disusun oleh masing-masing Organisasi Profesi, dan tahun 2013 akan dilakukan Uji Kompetensi bagi Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan baik program D3 maupun  S1 Profesi. Pelaksanaan diadakan bulan Agustus dan Nopember, dan akn  dilakukan pendaftaran bagi yang akan mengikuti Uji Kompetensi dari bulan April-Juni 2013. 


DOWNLOAD
WEB LINK
STATISTIK  
USER

801565

Pengunjung hari ini : 121
Total pengunjung : 253318
Hits hari ini : 284
Total Hits : 801565
Pengunjung Online : 2
POLLING
    Pilih Jurusan Favorit Anda?

    Ilmu Keperawatan (S1)
    Kebidanan (DIII)
    Ners

    Lihat Hasil Poling