_______________________________________________________________________________________
Rabu, 23 Januari 2013 - 09:43:27 WIB
Tumbuhkan Jiwa Sosial, PPNI ajak Mahasiswa STIKes Medistra Jadi Relawan Medis di Posko Banjir Bekasi
Diposting oleh : Administrator
Dibaca: 2242 kali

Memang benar, seorang tenaga kesehatan harus memiliki jiwa sosialisme yang tinggi, namun dalam implementasinya, hal itu tidak semudah yang dikatakan. Oleh karenanya, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Bekasi mengajak mahasiswa Keperawatan kota Bekasi untuk menjadi relawan di posko bencana banjir, salah satunya adalah Mahasiswa Keperawatan Senior STIKes Medistra Indonesia.

Suatu kebanggaan bagi kami mendapat twaran dari Ibu Shinta untuk menjadi relawan diposko banjir. Sampai saat ini, tim kami berjumlah 11 orang yang seluruhnya berasal dari prodi S1 Ilmu Keperawatan semester V, karena dari PPNI meminta hanya mahasiswa senior.

Kami ditempatkan di tiga titik banjir, yaitu sepanjang jaya lotte mart, sepanjang jaya III, dan posko perumahan villa Jati Rasa- Jati Asih. Tugas kami bergabung bersama tim medis lain untuk bergabung bersama dalam posko medis dalam memberikan pelayanan medis dan perawatan terhadap para korban.

Memang sangat menibakan, hampir 100% para korban banjir mengalami dermatitis, yang biasa disebut kutu air, selebihnya diare pada anak maupun dewasa, ISPA pada anak dan dewasa, hipotermi pada anak, dan sebagian kecil mengalami luka infeksi akibat tertusuk benda tajam saat banjir, dan segera kami kirimkan rujukan ke RSUD Kota Bekasi.

Sejauh ini, tim medis yang bekerja sama dalam tim bersama kami adalah tim medis yang berasal dari RSUD Kota Bekasi, RS Hossana Medika Bekasi, RS Hermina Bekasi, PKM Sepanjang Jaya, IDI, PPNI,TAGAMA, dan masih banyak lagi.  Untuk sementara tindakan medis belum menemui yang darurat, hanya sekedar penanganan pasca banjir karena air sudah mulai surut.

Merupakan pengalaman luar biasa bagi kami saat harus melayani pasien di medan yang sangat ekstrem, dan bahkan berlumpur sampai selutut orang dewasa, namun semua ini kami lakukan untuk mengemban tugas suci sebagai calon Perawat profesional, dan demi mengamalkan salah satu Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat.

 


 


DOWNLOAD
WEB LINK
STATISTIK  
USER

801556

Pengunjung hari ini : 121
Total pengunjung : 253318
Hits hari ini : 275
Total Hits : 801556
Pengunjung Online : 2
POLLING
    Pilih Jurusan Favorit Anda?

    Ilmu Keperawatan (S1)
    Kebidanan (DIII)
    Ners

    Lihat Hasil Poling