Berita Terbaru

      Rayakan Diesnatalis XX, STIKes Medistra Indonesia usung tema Humanistik  


      BEKASI – Perayaan puncak Diesnatalis XX STIKes Medistra Indonesia dilaksanakan pada hari Kamis (2/06/2022). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring. Adapun peserta luring adalah Pembina dan BPH Yayasan Medistra Indonesia, seluruh Dosen, Tendik dan Tenjang, Panitia serta Senat Mahasiswa (SEMA) STIKes Medistra Indonesia sementara Ketua Senat STIKes MI, Undangan, Alumni dan seluruh mahasiswa mengikuti kegiatan secara daring melalui zoom meeting. 

       MORE INFO..

      PELATIIHAN PRECEPTOR MENTOR BAGI DOSEN DAN PEMBIMBING KLINIK KEPERAWATAN


      BEKASI- Kemampuan klinis merupakan satu dari banyak komponen penting yang mempengaruhi kualitas lulusan. Filosofi pelayanan Keperawatan serta model praktik Ners yang mengoptimalkan, memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarga yang individualis, menjadi konsep yang harus dipahami oleh setiap pembimbing mahasiswa untuk mewujudkan lingkungan praktik yang ideal untuk membentuk calon Ners. Suatu model pendekatan dalam pembelajaran klinik yang tepat untuk hal tersebut menggunakan model preceptorship dan mentorship

       MORE INFO..

      Webinar Penulisan Modul dan Buku Ajar ber-ISBN

      BEKASI- Seorang pengajar, khususnya dosen, pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari aktivita  menulis  , baik buku ataupun jurnal. Hal tersebut dilakukan untuk mengasah kemampuan akademik dosen sebagai kelompok intelektual. Bahkan kondisi tersebut juga cukup berpengaruh pada jumlah buku yang beredar di Indonesia.


       MORE INFO..

      Yudisium Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) Kelas Alih Jenjang

      Angkatan II dan Kelas Reguler angkatan XIII

      BEKASI- STIKes Medistra Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan Yudisium bagi lulusan Program Studi Keperawatan (S1) pada hari Selasa (15/3/2022) secara virtual. Kegiatan dimulai pukul 09.00 dan secara resmi dibuka oleh Ketua STIKes Medistra Indonesia, Dr. Lenny Irmawaty Sirait, SST., M.Kes.


       MORE INFO..

      Workshop Pembimbingan Akademik

      BEKASI- Unit Pengembangan Akademik STIKes Medistra Indonesia menggelar kegiatan Workshop Pembimbingan Akademik pada tanggal 15 Februari 2022 secara daring. Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada pembimbing akademik mengenai peran DPA agar mampu melakukan pembimbingan akademik dengan tetap sesuai perannya.  Kegiatan ini dibuka oleh PLH Ketua STIKes Medistra Indonesia, Dr. Lenny Irmawaty Sirait, SST., M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “REAL Of Humanistik (Religius; Empathy; Attitude; Loyalty) merupakan nilai STIKes Medistra Indonesia dimana salah satu pencapaiannya adalah melalui pembimbingan dosen pembimbing akademik kepada mahasiswa STIKes MI.”

       MORE INFO..

      Wisuda Lulusan Program Studi  Kebidanan (D3) dan Program Studi

      Pendidikan Profesi Ners

      BEKASI- STIKes Medistra Indonesia menggelar prosesi wisuda secara offiline bagi 162 orang lulusan dari Program Studi Pendidikan Profesi Ners dan Program Studi Kebidanan (D3). Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa (8/02/2022) di Harris Convention Hall, dengan dipimpin Ketua Senat STIKes Medistra Indonesia, Riris Octryna Silitonga,S.Kep.,Ns.,M.Kep.,Sp.Kep Jiwa

       MORE INFO..

      Yudisium dan Angkat Sumpah Program Studi Profesi Ners Angkatan  VIII dan Kebidanan (D3) Angkatan XVII

      BEKASI- STIKes Medistra Indonesia telah menyelenggarakan Yudisium dan Angkat Sumpah terbatas , pada hari Selasa (25/1/2022). Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 ini dibuka oleh Plh Ketua STIKes Medistra Indonesia, Dr. Lenny Irmawaty Sirait, SST., M.Kes. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan “Di tahun 2021 Pertama sekali STIKes Medistra Indonesia melaksanakan exit exam merealisasikan PERMENDIKBUD Tahun 2020 tentang Tata Cara Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan. Sehingga upacara yudisium kali ini dilakukan setelah diperolehnya hasil uji kompetensi dan peserta Yudisium dan Angkat Sumpah adalah mahasiswa yang telah dinyatakan “KOMPETEN” yaitu sebanyak 94,7% mahasiswa Program Studi Kebidanan (D3) dan sebanyak 85,3% mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners.”

       MORE INFO..


      Webinar Kesehatan Nasional

      BEKASI – Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan anak merupakan upaya dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang saat ini termasuk permasalahan di Indonesia. Dalam upaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) perlu dilakukan Pelayanan yang sesuai dengan Evidence Based Kebidanan salah satunya Pelayanan Kebidanan Komplementer. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan, definisi pengobatan komplementer dan alternatif adalah pengobatan non konvensional yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dengan kualitas, keamanan dan efektifitas yang tinggi. (Kepmenkes RI, No.1109/Menkes/Per/IX/2007).

       MORE INFO..


      Fasilitasi Lulusan agar Cepat Kerja, STIKes MI Gelar Job Fair Career Expo

      BEKASI   Job Fair Career Expo  merupakan salah satu program kerja Unit Pusat Karir STIKes Medistra Indonesia. Acara ini digelar secara virtual pada hari Jumat, 10 Desember 2021.  Salah satu tujuan digelarnya Job Fair Career Expo yakni memfasilitasi alumni untuk mendapatkan pekerjaan. Lebih dari itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan antara STIKes Medistra Indonesia dengan stakeholder khususnya dalam penyediaan kebutuhan SDM lulusan yang sesuai kebutuhan.

       MORE INFO..



      Workshop Penyusunan RPS dan buku Kurikulum Perguruan Tinggi STIKes Medistra Indonesia

      BEKASI- Kurikulum merupakan salah satu instrumental input penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan harus dikembangkan, diimplementasikan dan dievaluasi keberhasilannya dalam mencapai learning outcome. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

       MORE INFO..

      PELAKSANAAN ASSESMENT LAPANGAN DARING (ALD) AKREDITASI PROGRAM STUDI KEBIDANAN (S1) DAN PROFESI BIDAN

      BEKASI – Program Studi Kebidanan(S1) dan Profesi Bidan STIKes Medistra Indonesia menjalani Assesmen Lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 22-25 November 2021

      Kegiatan dimulai pada hari Senin, tanggal 22 November 2021, pada pukul 08.00, diawali dengan sambutan oleh Ketua STIKes Medistra Indonesia, Ibu Linda K.Telaumbanua,SST.,M.Keb. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Setelah genap 2 tahun penyelenggaraan program studi baru yaitu program studi Kebidanan (S1) dan program studi Pendidikan Profesi Bidan maka STIKes Medistra Indonesia telah mengusulkan akreditasinya.

      MORE INFO

      PELAKSANAAN ASSESMENT LAPANGAN DARING (ALD) AKREDITASI PROGRAM STUDI FARMASI (S1)

      BEKASI – Program Studi Farmasi (S1) STIKes Medistra Indonesia menjalani Assesmen Lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Assesment dilakukan dengan metode Hybrid  dimana assessment yang dilakukan terdiri dari 2 tahap yakni, tahap daring dan tahap visitasi lapangan.

      Assesment tahap daring dilaksanakan pada tanggal 25-26 Oktober 2021. Dua orang asesor yang ditunjuk yaitu, bapak Drs. Hadi Poerwono.,Apt.,M.Sc.,Ph.D, dan ibu Apt. Anita Sukmawati.,Ph.D

      MORE INFO

      PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN  DI LINGKUNGAN ASRAMA PENDIDIKAN STIKES MI

      BEKASI – Pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 telah dilaksanakan penerimaan mahasiswa/I gelombang pertama untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) semester Ganjil T.A 2021/2022. Sebelum mahasiswa masuk asrama pendidikan STIKes Medistra Indonesia serangkaian Prosedur penerapan Protokol Kesehatan di lingkungan STIKes MI dijalankan dengan dipandu oleh Tim Satgas Lawan Covid STIKes Medistra Indonesia.


      MORE INFO

      PELATIHAN KURIKULUM BAGI DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI KEBIDANAN (S1) DAN PROFESI BIDAN

      Bekasi – Dalam rangka pengembangan kurikulum pendidikan tinggi, khususnya pada Program Studi Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan, telah diselenggarakan pelatihan kurikulum Kebidanan pada tanggal 18-22 Oktober 2021.

      Bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, yakni Ibu Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes, Ibu Dwi Izzati Budiono, S.Keb, Bd, M.Sc, dan Ibu Rize Budi Amalia, S.Keb., Bd., M.Kes.


      MORE INFO

      VISITASI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) OLEH LLDIKTI 3 JAKARTA

      Bekasi – Pada tanggal 14 Oktober 2021, STIKes Medistra Indonesia menjadi salah satu Perguruan Tinggi terpilih yang mendapat kunjungan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 3 Jakarta. Visitasi dilakukan untuk melihat kesiapan awal Perguruan Tinggi dalam menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

      Hadir dalam kegiatan ini tim penilai dari LLDIKTI Wilayah 3 yaitu, Ibu Rafita Agustiana, Ibu Zuzan, Ibu Afrida Anis, Bapak Endang Sutisna, dan Ibu Dian Rusdiana. Sementara, dari STIKes MI turut hadir Ketua STIKes MI ibu Linda K.Telaumbanua, Wakil Ketua 1, Ibu Lenny Irmawati, Wakil Ketua 2 ibu Farida Banjarnahor, Ketua Satgas Lawan Covid 19 STIKes MI, bapak Baltasar,  Koordinator Laboratorium kesehatan terpadu ibu Basaria, koordinator perpustakaan ibu Januarti, koordinator asrama ibu Lisye Hartanti, dan tim satgas internal STIKes MI ibu Siti Aryani dan bapak Martadinata.


      MORE INFO

      KEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA, STIKES MEDISTRA INDONESIA GELAR WEBINAR WIRAUSAHA       

      Bekasi - Kemampuan wirausaha merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin bergerak di bidang usaha tertentu. Kemampuan wirausaha bukanlah karena faktor bakat, tetapi juga akan timbul dan terasah melalui pengalaman-pengalaman dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Berkaitan dengan hal ini Unit Pusat Karir (UPK) sebagai wadah pengembangan karir, membuka kesempatan kepada mahasiswa dan alumni yang ingin membangun dan mengembangkan jiwa wirausahanya melalui Webinar Kewirausahaan dengan mengusung tema “Bangitkan Minat, Ciptakan Peluang Mandiri  Berwirausaha di Masa Pandemi Covid 19”.

      MORE INFO

      STIKes MEDISTRA INDONESIA SELENGGARAKAN  PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI MAHASISWA ALIH JENJANG DAN TENAGA KEPENDIDIKAN     

      Bekasi – Program studi Kebidanan (S1) dan Pendidikan Profesi Bidan STIKes Medistra Indonesia bekerjasama dengan  Team Research and Training  APTISI Komisariat IV, menyelenggarakan kegiatan Training and Coaching (TC) Digital Marketing secara  daring  pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 18-19 dan 25-26 September 2021.


       MORE INFO

      YUDISIUM  DARING MAHASISWA KELAS REGULER DAN ALIH JENJANG   

      BEKASI- STIKes Medistra Indonesia telah menyelenggarakan prosesi yudisium bagi lulusan program akademik baik kelas reguler maupun alih jenjang pada Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) dan Kebidanan (S1). Kegiatan ini dilaksanakan secara  daring  pada hari Senin (20/09/2021), pukul 09.00 wib.


       MORE INFO

      PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA/I BARU T.A.2021/2022  

      BEKASI- Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi   mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa   dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya   menempuh pendidikan di perguruan tinggi maka dilakukan Pengenalan Kehidupan   Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).  PKKMB memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global dan regional yang humanistik dan enterpreneur.


       MORE INFO

      Webinar Pembuatan CV, Tehnik wawancara, dan sosialisasi dunia kerja 

      BEKASI- Persaingan dunia kerja yang semakin ketat membuat lulusan perguruan tinggi harus meningkatkan daya saing agar dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Dalam kondisi seperti ini, kemampuan intelektual dan akademik yang tinggi saja tidak cukup untuk mudah mendapatkan pekerjaan. Lulusan harus mampu memahami kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja, menggali kemampuan diri, serta membangun citra diri dalam menghadapi proses seleksi, agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan


       MORE INFO

       Webinar Kesehatan Nasional  

        PENGUATAN KARAKTER HUMANISTIK PERAWAT DAN BIDAN DALAM PELAYANANKESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID 19 

      BEKASI –Tenaga Kesehatan harus memiliki tiga kemampuan utama untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, y aitu: pengetahuan, sikap dan keterampilan. Implementasi ketiga kemampuan tersebut dapat optimal apabila dilengkapi dengan softskill yang memadai. STIKes Medistra Indonesia mempunyai Visi menjadi Perguruan Tinggi ( Perguruan Tinggi di Bidang Kesehatan yang Memiliki Keunggulan Kompetitif, dan berciri Humanistik, yang Terkemuka di tingkat regional, pada tahun 2036.)

      MORE INFO

        KULIAH PAKAR KEPERAWATAN JIWA  

      Mental health and psychosocial support (MHPSS) during Pandemic COVID -19

      BEKASI – Wabah COVID-19 kini menjadi factor penyebab utama tekanan di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Bagi tenaga kesehatan garis depan (termasuk dokter, perawat, pengemudi ambulans, petugas identifikasi kasus, dan lainnya) faktor penyebab stres tambahan selama wabah COVID-19 bisa jadi lebih berat. Kejadian ini merupakan bencana yang harus mendapatkan perhatian dari segala penjuru. Karena dampaknya sangat besar bagi mental dan psikososial masy a rakat sehingga menyebabkan strees yang berdampak dalam kehidupannya .

      MORE INFO

        KULIAH PAKAR KEPERAWATAN JIWA  

      Mental health and psychosocial support (MHPSS) during Pandemic COVID -19

      BEKASI – Wabah COVID-19 kini menjadi factor penyebab utama tekanan di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Bagi tenaga kesehatan garis depan (termasuk dokter, perawat, pengemudi ambulans, petugas identifikasi kasus, dan lainnya) faktor penyebab stres tambahan selama wabah COVID-19 bisa jadi lebih berat. Kejadian ini merupakan bencana yang harus mendapatkan perhatian dari segala penjuru. Karena dampaknya sangat besar bagi mental dan psikososial masy a rakat sehingga menyebabkan strees yang berdampak dalam kehidupannya .

      MORE INFO

      Kuliah Pakar Kefarmasian

      Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Farmasi, STIKes MI Gelar Kuliah Pakar Kefarmasian

      BEKASI – Sebagai salah satu unggulan Program Studi Farmasi, Komunikasi Kefarmasian menjadi aspek kritis dalam pelayanan kesehatan yang terintegrasi dengan bidang kesehatan lainnya, guna memastikan informasi penting dapat diterima dan selanjutnya disampaikan dengan benar, tepat, efektif dan efisien pada target audiensnya. Di samping pelayanan kefarmasian di institusi kesehatan, tenaga kefarmasian disiapkan untuk mampu berwirausaha.

       

      MORE INFO

      Dies Natalis STIKes Medistra Indonesia ke-19, 
      " Change New or Never "

      BEKASI – Diesnatalis STIKes Medistra Indonesia mempunyai makna penting yaitu sebagai penanda tingkat kedewasaan dalam Berinovasi dan Berkarya. Diesnatalis menjadi momentum untuk menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan. Diesnatalis STIKes Medistra Indonesia diperingati setiap tanggal 4 April.

       Acara puncak Diesnatalis ke-19 diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 juni 2021 melalui virtual zoom, yang disiarkan secara langsung dari Aula Gedung C STIKes Medistra Indonesia. Menuju acara puncak, serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan diesnatalis ke-19,  diantaranya, seminar Character Building bagi pegawai, lomba penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa, lomba penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi mahasiswa, lomba video tiktok promosi kampus, dan lomba senam poco-poco kreasi bagi pegawai.

      MORE INFO

      Odoo image and text block

      TINGKATKAN POTENSI PEGAWAI, STIKES MEDISTRA INDONESIA GELAR SEMINAR CHARACTER BUILDING

      BEKASI – Suatu organisasi didalamnya pasti terdapat Sumber Daya Manusia (SDM) yang melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsinya. Setiap perusahaan memerlukan pengembangan dan peningkatan kualitas SDM sebagai bagian utama untuk meningkatkan kinerja karyawannya. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu dengan melakukan Character Building atau pembentukan karakter.  

      STIKes Medistra Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan Character Building pada hari Kamis, 27 Mei 2021, bekerjasama dengan ALC Leadership Management. Kegiatan ini dibawakan oleh Ibu Ainy Fauziah, yang merupakan seorang motivator sekaligus founder ALC Leadership Management.


      MORE INFO

      Odoo image and text block

      Webinar Strategi Lolos Hibah Penelitian dan   Abdimas Tahun 2022

      Tema : Strategi Lolos Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tahun  2022

      BEKASI – Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mempunyai peran cukup vital, karena melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dosen dapat mengembangkan pengetahuan baru dan mengaplikasikannya dalam berbagai fenomena yang terjadi.

      MORE INFO