News

Berita terbaru  STIKes Medistra Indonesia

Pembagian Hand Sanitizer dan Masker untuk Tim Medis

Tenaga medis menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya berjuang digaris terdepan dengan setulus hati, hingga tak jarang harus bertaruh nyawa. Peduli dengan pentingnya peranan tim medis, STIKes Medistra Indonesia memberikan donasi berupa handsanitizer dan masker untuk tenaga medis yang ada di Klinik Pratama dan Puskesmas yang telah menjalin kerjasama dengan STIKes Medistra Indonesia, diantaranya : Klinik Bidan Umi Rahma Jatimulya, Klinik Paratama Gucci Medika, Klinik Pratama Ratna Komala, Klinik Paramitra Medika, dan Puskesmas Pengasinan.

Odoo - Sample 1 for three columns
Odoo - Sample 2 for three columns
Odoo - Sample 3 for three columns

Penyaluran donasi dilakukan pada hari Jumat (15/05/2020), oleh 5 orang anggota Senat Mahasiswa, yaitu Anis Faishal Wahib, Fahmi Abdul Malik, Rohman Hidayat, Agus Jaelani, dan Abyan Ajrurrofi Syauqi. Pemberian donasi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan STIKes Medistra Indonesia bertajuk “Bakti untuk Negeri oleh STIKes MI ” yang  sebelumnya telah dilakukan penyaluran handsanitizer untuk warga Sepanjang Jaya. Bantuan ini merupakan donasi dari Yayasan Medistra Indonesia, Pimpinan STIKes Medistra Indonesia, Para Dosen, Alumni, dan mahasiswa STIKes Medistra Indonesia, yang digalang mulai awal April 2020 dibawah koordinasi WK 3 Bidang Kemahasiswaan. 

Ucapan terimakasih yang tak terhingga disampaikan oleh tim medis penerima donasi kepada STIKes Medistra Indonesia, “Terimakasih banyak, ini sangat bermanfaat dan sangat membantu sekali bagi kami disini. Semoga STIKes Medistra Indonesia semakin berhasil dan semakin maju. Semoga sehat-sehat selalu untuk kita, dan lancar kuliahnya untuk adik-adik semua”.

Odoo - Sample 1 for three columns
Odoo - Sample 2 for three columns
Odoo - Sample 3 for three columns

LDKO SENAT MAHASISWA 2020
Mengawali Program Kerja di Tahun 2020, Senat Mahasiswa STIKes Medistra Indonesia menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) bagi anggota baru Senat Mahasiswa yang telah terpilih melalui proses seleksi di akhir tahun 2019 lalu. Kegiatan ini diikuti sekitar 23 orang peserta, baik dari Program Studi Keperawatan (S1), Kebidanan (S1), dan Farmasi (S1).

Tujuan kegiatan ini antara lain untuk mengajarkan anggota Senat Mahasiswa (SEMA) STIKes Medistra Indonesia periode 2020 tentang kepemimpinan organisasi, membangun solidaritas dan keharmonnisan anggota Senat Mahasiswa (SEMA) STIKes Medistra Indonesia periode 2020, dan menumbuhkan jiwa kreatif, inovatif, dan aktif bagi anggota Senat Mahasiswa (SEMA) 2020.  kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai tanggal 6-8 Maret 2020 dengan Ketua Pelaksana yaitu Anis Faisal Wahib (Wakil Ketua SEMA 2020). Hari pertama berlangsung di kampus STIKes Medistra Indonesia, hari kedua dan ketiga berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur.  Selama 3 hari, peserta diberikan pembekalan materi oleh narasumber baik dari internal maupun eksternal. Narasumber pertama adalah Bapak Baltasar SS. Dedu,Ms.Kep.,MSCN dari STIKes Medistra Indonesia dengan materi ” Tipologi kepemimpinan dalam era reformasi dan umum”. Narasumber kedua dari Ibu Hainun Nisa.,SST.,M.Kes dari STIKes Medistra Indonesia dengan materi ”Manajemen Waktu”. Narasumber ketiga diisi oleh Ikatan Alumni STIKes Medistra Indonesia (IKASMI) yang diwakili oleh Neng Lia.,Amd.Keb dengan materi ”Motivasi belajar dan berorganisasi” Narasumber keempat yaitu  Alga Kharisma Kurnia Amd.Rad.,SKM dari Ikatan Mahasiswa Kesehatan (ISMAKES) dengan materi ” Manajemen konflik dan pengambilan keputusan” Narasumber kelima yaitu  Nuraisyah Jamil, Amd. Keb., SKM dari Ikatan Mahasiswa Kesehatan (ISMAKES) dengan materi ”Time work” Narasumber keenam  diisi oleh Ikatan Alumni STIKes Medistra Indonesia (IKASMI) yang diwakili oleh Harun Alrasyid.,S.Kep.,Ns. dengan materi ”  Cara berfikir kreatif bukan reaktif.” Selain materi diatas, peserta juga mendapat kesempatan untuk sharing dengan Alumni Senat Mahasiswa dari semua divisi. Kesempatan ini digunakan oleh peserta untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang pengalaman yang didapat para alumni selama mengikuti organisasi, serta tips menjalankan organisasi yang sehat dan bisa berkembang sesuai jaman. ”Kegiatan kemarin sangat berkesan, saya bisa merasakan kesolidan antara kami yang tingkat 1 dan kakak kakak tingkat diatas kami. Yang saya dapatkan dari LDKO kemarin adalah cara me-manage waktu, bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, bagaimana mengatur pola kegiatan, kerjasama, kekompakan, kreatifitas, dan komunikasi yang baik antar indovidu, kegiatan kemarin membuka pikiran saya atas apa saja yang harus saya perbaiki ke depannya. Jadi menurut saya, LDKO ini tidak hanya seru, tapi bermanfaat dan kaya ilmu  yang bisa diserap entah itu untuk organisasi ataupun kehidupan sehari-hari” ujar Gita Fricilia, salah satu peserta LDKO dari Program Studi Kebidanan (S1).

Odoo - Sample 1 for three columns

 

Odoo - Sample 2 for three columns


Odoo - Sample 3 for three columns


KULIAH PAKAR KEPERAWATAN

Odoo CMS - a big picture


Program Studi Keperawatan (S1) menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Pakar pada hari Kamis (05-06/03/2020), dengan mengusung tema “Menjadi Perawat Yang Kompeten Dan Visioner Di Era Revolusi  Industri 4.0”. Era revolusi industri 4.0 memberikan tantangan yang nyata di segala sektor termasuk sektor kesehatan. Beberapa diantaranya adalah menyangkut sistem layanan kesehatan dan juga sumber daya manusia bidang kesehatan dalam hal ini adalah tenaga kesehatan. Sasaran kegiatan ini yaitu dosen dan mahasiswa Program Studi Keperawatan (S1). Kegiatan ini selain merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang  pengembangan pendidikan, juga merupakan upaya Program Studi untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai peran perawat milenial dalam upaya menjawab tantangan dan peluang era revolusi industri 4.0.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari dengan menghadirkan 4 orang pembicara, yang terdiri dari 1 orang pembicara eksternal, dan 3 orang pembicara internal. Pembicara eksternal yang berkesempatan hadir dalam kegiatan ini yaitu Dr.Kusnanto., S.Kp., M.Kes


Odoo - Sample 1 for three columns

Kiki Deniati, S.Kep., Ns., M.Kep

Pembicara internal yang pertama yaitu Ibu Kiki Deniati.,S.Kep.,Ns.,M.Kep. Beliau merupakan dosen Program Studi Keperawatan di STIKes Medistra Indonesia, juga sebagai Ketua Divisi Pendidikan dan Pelatihan DPD PPNI Kota Bekasi tahun 2019-2024. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi tentang “Peran Perawan Milenial dalam Upaya Menjawab Tantangan dan Peluang Era Revolusi Industri 4.0”.

Odoo - Sample 2 for three columns

Dr.Kusnanto., S.Kp., M.Kes

Beliau adalah Pembicara Nasional, yang juga merupakan Wakil Dekan 1 di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi tentang “Tantangan dan Peluang Serta Persiapan Tenaga Kesehatan dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Selama penyampaian materi, mahasiswa terlihat sangat antusias dan fokus mendengarkan materi yang disampaikan. Mahasiswa juga aktif bertanya mengenai topik yang beliau sampaikan.

Odoo - Sample 3 for three columns

Lina Indrawati, S.Kep., Ns., M.Kep

Pembicara internal yang kedua yaitu ibu Lina Indrawati.,S.Kep.,Ns.,M.Kep. Beliau adalah dosen Program Studi Keperawatan di STIKes Medistra Indonesia.  Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi tentang “Aplikasi Teknologi Terkini Bidang Keperawatan dalam Tatanan Klinik”.

PENGABDIAN MASYARAT DAN BAKTI SOSIAL

Oleh Mahasiswa/i Program Studi Profesi Ners Angkatan VII

Mahasiswa/I Program Studi Profesi Ners angkatan ke VII melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1, yang bertempat di Jalan Kemuning Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih selama 2 minggu, dimulai pada tanggal 27 Januari – 10 Februari 2020. Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial ini merupakan bagian dari kegiatan Perkuliahan yang ditempuh Mahasiswa/I Profesi Ners pada Stase Jiwa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa/I didampingi oleh 3 orang Dosen Pembimbing yang bertugas membimbing dan mendampingi mahasiswa/I selama pembelajaran di stase jiwa.

Pengabdian Masyarakat yang diberikan diantaranya cara perawatan diri seperti, cara mencuci tangan 7 langkah, cara menggosok gigi yang benar, cara berhias, dsb. Dalam kegiatan ini, mahasiswa/I mengajak pasien jiwa untuk melakukan cara perawatan diri secara berkelompok. Pasien terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan lainnya yaitu Bakti Sosial, dilaksanakan hanya pada tanggal 27 Januari 2020. STIKes Medistra memberikan bantuan berupa sembako, peralatan mandi seperti sabun, sikat gigi, dsb, snack atau makanan ringan. Bantuan ini diterima langsung oleh Pengurus Panti yang diwakili oleh Bagian Pendidikan dan Latihan (Diklt) yaitu Ibu Dwi, dan para Kepala Bagian Unit Terkait. Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi seluruh warga Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 , dan semoga kegiatan ini kedepan dapat rutin dilaksanakan.

Odoo image and text block